Gabungkan Seni dan Budaya, PPUMI Jawa Tengah Gelar Adikarya Batik Nusantara 2023

Jakartashowbiz.com – Menyambut Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) Jawa Tengah bersama LimaSatu Kreatif Indonesia sebagai Co-Organizer akan mengadakan acara Adikarya Batik Nusantara 2023 (ABN2023) di Kota Solo, sebuah kota dengan akar Batik yang kuat. Acara ini akan memamerkan kekayaan budaya Indonesia di 2 lokasi yang spektakuler.

Baca Juga:

Dalam upaya mempromosikan keindahan warisan budaya Indonesia serta mendukung industri batik dan Perempuan UMKM Indonesia, ABN 2023, yang diinisiasi oleh Tuty Adib dan Tuty Cholid, direncanakan akan menjadi agenda tahunan sebagai perayaan Hari Batik Nasional. Dengan menggabungkan seni, budaya, dan kreativitas, acara ini berkomitmen untuk melestarikan dan memajukan kekayaan budaya bangsa.

Foto: ISTIMEWA

“Selain pameran akan berlangsung pagelaran fashion show dari para desainer dan pelaku industri fashion serta talkshow,” kata Tuty Adib, salah satu inisiator acara dalam keterangan tertulisnya.

Acara ini tidak hanya melibatkan pameran, tetapi juga fashion show dari desainer dan pelaku industri fashion, serta talkshow yang menginspirasi. Pameran Adikarya Batik Nusantara akan berlangsung selama 5 hari di Atrium Solo Square, Jawa Tengah, mulai tanggal 4 hingga 8 Oktober 2023. Pameran ini akan memamerkan karya-karya batik yang memikat hati pecinta seni dan budaya.

Tak hanya itu, acara ini juga akan menampilkan Fashion Show dengan desainer berbakat dan model papan atas yang akan memukau penonton, serta Talkshow Inspiratif dari pelaku industri terkemuka di dunia fashion dan UMKM di Indonesia.

Foto: ISTIMEWA

Puncaknya adalah pengalaman tak terlupakan di Taman Pracima Tuin Mangkunegaran pada tanggal 6 Oktober 2023, dengan acara Royal Gala Dinner yang menawarkan makanan khas Pracima Tuin Mangkunegaran dalam atmosfir istana. Selain itu, akan ada Malam Penganugerahan bagi para Pelaku Industri Batik yang menghargai kontribusi mereka dalam berbagai kategori.

“Tema ini dipilih sebagai penghargaan terhadap keberagaman Budaya di Indonesia, menonjolkan persatuan negara melalui mode serta sebagai bukti keanggunan busana Muslim yang tak lekang oleh waktu dan daya pikat Batik yang abadi sehingga dapat menjembatani antar generasi dan budaya,” ujar Tuty Cholid, yang juga menginisiasi event Adikarya Batik Nusantara 2023.

Baca Juga:

Acara ini juga mencakup Sesi Premium Fashion Show yang berkolaborasi dengan Bank Indonesia dalam rangka Road to Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) dengan tema ‘Harmonizing Heritage: Unveiling Indonesian Elegance In Muslim & Batik Fashion’. Tema ini menonjolkan keberagaman budaya Indonesia melalui mode, mempertahankan pesona busana Muslim dan daya tarik Batik yang abadi.

Fashion Show-nya akan menampilkan koleksi dari beberapa desainer ternama Indonesia dan pengusaha batik, memperlihatkan kekayaan Batik Nusantara yang luar biasa. Adikarya Batik Nusantara 2023 adalah perayaan budaya Indonesia yang luar biasa, memungkinkan kita untuk merasakan kekayaan warisan Batik Nusantara.

“Adikarya Batik Nusantara adalah perayaan budaya Indonesia yang luar biasa dan merupakan kesempatan emas untuk memahami serta merasakan kekayaan warisan Batik Nusantara,” ujar
Eka Nugraha, perwakilan dari LimaSatu Kreatif Indonesia.