Digarap Selama Dua Tahun, Ragadupa Hadirkan Debut “Media Rasa”

Jakartashowbiz.com- Penyanyi asal Sumatra Barat, Ragadupa, akhirnya merilis album perdananya yang bertajuk “Media Rasa”. Album ini secara resmi dirilis secara independen pada tanggal 16 Juni 2023 lalu. “Media Rasa” merupakan karya pribadi Ragadupa yang terdiri dari delapan lagu.

Baca Juga:

Proses produksi album ini, yang mengusung genre pop alternatif-pop folk, memakan waktu sekitar 2 tahun dan menghasilkan lagu-lagu yang menggambarkan pelampiasan perasaan dan pengalaman pribadi yang dituangkan oleh Ragadupa dalam lagu-lagu tersebut.

Foto: ISTIMEWA

Ragadupa menjelaskan bahwa proses penulisan lagu-lagu tersebut terjadi secara kebetulan, namun ia merasa sudah terlanjur mencintai dan melibatkan diri sepenuhnya dalamnya.

“Saya sudah terlanjur mencintai ini, akhirnya saya tenggelam sepenuhnya dan memutuskan untuk terjun menjadi seorang solois dan penulis lagu. Ini adalah dedikasi saya,” ujarnya, seperti press rilis yang diterima Jakartashowbiz.com.

Pria yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai pemuda pelopor di bidang teknologi dan seni budaya Provinsi Sumatera Barat ini ingin memberikan kebebasan kepada pendengarnya untuk menafsirkan lagu-lagu dalam album “Media Rasa”.

Foto: ISTIMEWA

Menurut Ragadupa, setiap lagu memiliki kisahnya sendiri, sehingga setiap orang dapat bebas memberikan makna yang berbeda-beda. Lagu-lagu tersebut mencerminkan cerita dari apa yang dirasakan, dilihat, dan dialami oleh pendengarnya.

Baca Juga:

Ragadupa meyakini bahwa sebagai seorang seniman, lagu merupakan media yang baik untuk melampiaskan isi hati dan kegelisahan. Selama proses produksi album “Media Rasa”, Ragadupa dibantu oleh beberapa pihak, antara lain Loko Alhamra, Dayu Pratama, 3am Studio, Deni Januarta, Ariski Triputra, Boy Chandra, Farid Sauki, Tee artwork, Suci larassaty, dan lainnya.

Sebagai seorang penyanyi, Ragadupa merasa bangga karena akhirnya dapat berkiprah di dunia musik Indonesia. Ia berharap karyanya dapat diterima oleh masyarakat Indonesia secara luas dan menjadi penyemangat bagi karya-karya selanjutnya yang akan ia hasilkan.

Beberapa lagu dalam album ini antara lain “Izinkan ku Menjagamu,” “Hanya Kamu,” “Kenangan Tanpa Kenangan,” “Terimakasih Malaikatku,” “Berita Bahagia,” “Amin yang Kutaruh di Awal,” “Tak Ada yang Benar Pribumi,” dan “Kita Harus Bicara”.

Dari sejumlah lagu tersebut, dua di antaranya, yaitu “Izinkan Ku Menjagamu” dan “Kenangan Tanpa Kenangan,” telah dirilis sebelum album ini diluncurkan. Pada waktu itu, Ragadupa masih menggunakan nama “Uncu Rahmad” sebagai penulis lagu, dan kini ia menggunakan nama “ragadupa” di berbagai media sosial.