The Foolish Hadirkan Lagu ‘Sentimen’ dengan Aransemen Cukup Agresif

Tak Berkategori

Jakartashowbiz.com – Grup musik The Foolish kembali menghadirkan karya baru. Setelah menghadirkan EP atau mini album Bigot pada tahun 2020, band yang beranggotakan Zhaki (Vokal dan Bass), Ringgo (Drum), dan Ravie (Gitar) ini merilis single baru berjudul ‘Sentimen’.

Baca Juga: Kisah Pilu Ressa Herlambang Alami Kebangkrutan, Rugi 12 Miliar Dalam Waktu Semalam Saja

Baca Juga: Bertemu di Pesawat, Dewi Perssik Dilamar Pilot

Dalam lagu ‘Sentimen’, band yang mengadopsi beberapa jenis musik dan bermuara pada energi rock era 1970-an ini menyentil para petinggi yang keliru menggunakan kuasanya baik secara pribadi maupun untuk keperluan instansi.

Foto: ISTIMEWA

“Orang-orang yang mengetahui sesuatu tentang rahasia yang besar pada akhirnya menjadi target para pendosa karena dianggap akan menjadi ancaman baginya. Kita menyebut sifat orang yang membungkam ini sebagai sifat sentimen karena menciptakan dendam kepada orang tersebut,” kata Ringgo Ilham kepada wartawan.

“Dengan begitu, kita bakal tahu hikmah sila kedua yang sudah dirumuskan,” timpal Ravie.

Foto: ISTIMEWA

Dikemas dengan aransemen yang cukup agresif, ‘Sentimen’ juga menyoroti makna demokrasi yang kian terkikis. Terlebih, bayang-bayang hukum yang kerap dianggap punya misteri menjadi momok bagi para pencari keadilan. Hal itulah, yang menjadi ihwal lagu tersebut tercipta

“Kita ingin merangkum segelintir kegelisahan lewat nada, lirik, dan aransemen di dalam lagu. Iwan Fals pernah bilang, ‘Seniman itu enggak ada pensiunnya’. Jadi buat kami, enggak ada yang berhak ngelarang suara hati para musisi,” ungkap Zhaki.

“Paling enggak, kita tahu cara yang elegan buat menyampaikan sebuah pesan untuk si penerima pesan,” lanjutnya.

 

Foto: ISTIMEWA

Dari segi aransemen, ‘Sentimen’ sarat dengan jeritan distorsi yang mewakili amarah khas musik rock. Lagu Sentimen sendiri sudah bisa dinikmati di
berbagai platform musik seperti Spotify, iTunes, Deezer, Youtube Music, Apple Music, dan sejenisnya. Perilisan ‘Sentimen’ ini diiringi dengan perayaan delapan tahun The Foolish berkarya di belantika musik Tanah Air.

Mereka pun didukung dengan beberapa orang dibalik layar guna menunjang tumbuh kembang karyanya. Dalam waktu dekat, The Foolish juga bakal menggelar konser intimate khusus perilisan ‘Sentimen’ Juni mendatang. Mereka juga berencana menelurkan album penuh hingga menjalani rangkaian tur ke beberapa kota besar di Indonesia tahun ini.